Pengertian Istilah Tujuan Pembelajaran Matematika (Khusus Guru Dan Siswa)

kali ini Matemaslides akan membahas Pengertian Istilah Tujuan Pembelajaran Matematika (Khusus Guru dan Siswa)

Terciptanya tujuan pembelajaran berarti siwa dan guru harus aktif dan saling menguatkan sehingga terbitlah tujuan pembelajaran yang murni

kenapa matemaslides membahas ini ?

Karena seringkali kita mendengar istilah multitafsir baik kita akan membahas istilah istilah dalam buku pada bagian tujuan pembelajaran
Dan pengertian istilah ini diambil berdasarkan buku KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

1. Memahami
me·ma·hami v 1 mengerti benar (akan); mengetahui benar; 2 memaklumi; mengetahui

Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Memahami bentuk aljabar,relasi,fungsi,dan persamaan garis lurus" berarti siswa harus benar benar mengerti apa yang dinamakan aljabar,relas,fungsi dan persamaan garis lurus

2.Menjelaskan
men·je·las·kan v menerangkan; menguraikan secara terang

Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Menjelaskan pengertian bilangan bulat yang eksponennya positif, nol dan negatif" berarti siswa harus menerangkan pengertian dari komponen - komponen yang ada

3. Mengubah
meng·u·bah v 1 menjadikan lain dr semula;2 menukar bentuk (warna, rupa, dsb);3 mengatur kembali
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Mengubah bentuk akar menjadi bilangan berpangkat pecahan" berarti siswa harus menjadikannya lain dari bentuk akar menjadi bentuk lain yang diperintahkan

4. Menghitung
meng·hi·tung v 1 mencari jumlahnya (sisanya, pendapatannya) dng menjumlahkan, mengurangi, dsb; 2 membilang untuk mengetahui berapa jumlahnya (banyaknya); 3 menentukan atau menetapkan menurut (berdasarkan) sesuatu
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Menghitung perpangkatan dari akar suatu bilangan" berarti siswa mencari jumlah pangkat dari akar bilangan tersebut"

5.Mengenal
me·nge·nal v 1 mengetahui; kenal (akan); tahu (akan); 2 mempunyai rasa
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Mengenal arti pangkat positif dan negatif" berarti siswa harus mengetahui apa pangkat postif dan negatif

6.Menyelesaikan
 me·nye·le·sai·kan v 1 menyudahkan (menyiapkan) pekerjaan dsb; menyempurnakan (kalimat dsb); 2 menjadikan berakhir; menamatkan; 3 membereskan atau melunasi (utang dsb); 4 memutuskan atau membereskan (perkara, harga, dsb); 5 mengatur (rambut) rapi-rapi atau mengurai supaya jangan kusut; menyisir; membenahi; 6 menguraikan suatu hal yg kusut; memecahkan (soal, masalah, dsb); 7 memperdamaikan (perselisihan, pertengkaran, dsb); 8 mengurus dan mengatur sesuatu hingga baik
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Menyelesaikan operasi kali,bagi,kurang,tambah dan pangkat suatu bilangan berpangkat tak sebenarnya" berarti siswa harus memecahkan masalah operasi kabataku dan pangkat pada bilangan pangkat yang tak sebenarnya

7. Merasionalkan
1ra·si·o·nal a 1 menurut pikiran dan pertimbangan yg logis; menurut pikiran yg sehat; cocok dng akal;
me·ra·si·o·nal·kan v membuat menjadi rasional;
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Merasionalkan bentuk akar kuadrat" berarti siswa harus membuat menjadi masuk akal

8.Menyatakan
me·nya·ta·kan v 1 menerangkan; menjadikan nyata; menjelaskan; 2 menunjukkan; memperlihatkan; menandakan; 3 mengatakan; mengemukakan (pikiran, isi hati); melahirkan (isi hati, perasaan, dsb); mempermaklumkan (perang)
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Menyatakan masalah sehari hari yang dapat dinyatakan dengan persamaan akar kuadrat" berarti siswa dapat menunjukkan bahwa pada masalah sehari hari dapat dilihat secara nyata dengan persamaan akar kuadrat

9.Menentukan
me·nen·tu·kan v 1 membuat menjadi tentu (pasti); menetapkan; memastikan; 2 memutuskan; memberi ketentuan; 3 memberi batasan (definisi); 4 memastikan; mengharuskan; mewajibkan
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"menentukan suku ke n pada suatu barisan" berarti siswa harus memastikan suku kn pada barisan tersebut

10.Menemukan
me·ne·mu·kan v 1 mendapatkan sesuatu yg belum ada sebelumnya; mendapatkan; mendapati; 2 mengalami; menderita (kegagalan dsb)
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Menemukan rumus suku ke n pada baris aritmatika" berarti siswa mendapatkan rumus suku ke n pada baris aritmatika

11.Menggunakan
meng·gu·na·kan v memakai (alat, perkakas); mengambil manfaatnya;
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Menggunakan konsep deret dalam kehidupan" berarti siswa harus memakai konsep ini dalam kehidupan sehari hari

12.Membedakan
mem·be·da·kan v 1 menyatakan ada bedanya; 2 memperlakukan berbeda (tidak sama); memisahkan
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Membedakan antara pecahan positif dan negatif" berarti siswa dapat membedakan antara pecahan positif dan negatif

13.Menyusun
kalimat atau tulisan yg - rapi selalu enak dibaca; me·nyu·sun v 1 mengatur dng menumpuk secara tindih-menindih; menaruh berlapis-lapis; 2 mengatur secara baik; 3 menempatkan secara beraturan; 4 membentuk pengurus (panitia dsb); 5 merencanakan; 6 mengarang buku (kamus, ensiklopedia, dsb)
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Menyusun kembali persamaan kuadrat jika diketahui akar akarnya" berarti siswa harus mengatur kembali persamaan kuadrat jika diketahui akar akarnya

14.Mencari
men·ca·ri v 1 berusaha mendapatkan (menemukan, memperoleh); 2 berusaha mendapat nafkah (rezeki): 3 Mk memilih
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan atau menggunakan rumus" berarti siswa harus berusaha mendapatkan hasil akar - akar persamaan kuadrat dengan cara memfaktorkan atau mengguanakan rumus

15.Menerapkan
me·ne·rap·kan v mengenakan (pd); mempraktikkan:
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Menerapkan bilangan pangkat dalam kehidupan sehari - hari" berarti siswa harus mempraktikkan bilangan pangkat dalam kehidupan sehari - hari

16.Mengidentifikasi
meng·i·den·ti·fi·ka·si v menentukan atau menetapkan identitas (orang, benda, dsb):
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Mengidentifikasi pecahan pecahan yang berpangkat negatif" berarti siswa harus menentukan identitas pecahan berpangkat negatif

17.Menyederhanakan
me·nye·der·ha·na·kan v menjadikan sederhana (sedang, mudah, bersahaja, dsb);
Misal dalam suatu tujuan pembelajaran tertulis kalimat
"Menyederhanakan pecahan ke bentuk desimal" berarti siswa harus menjadikan pecahan ke bentuk desimal paling sederhana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menerapkan Math Club (Klub Matematika) kedalam Ekstarakulikurer (Ekskul) Di Sekolah

Sekadar Saran #2 Menghidupkan forum OSIS